Asal Usul Ikan Guppy Dan Jenis Terbaiknya

Ikan Guppy adalah sejenis ikan hias kecil air tawar yang dikenal karena miliki corak serta varian warna tubuh yang pada umumnya terlihat cerah. Selain keindahan warna-warni tubuhnya, jantan ikan guppy juga memiliki sirip-sirip terutama sirip ekornya yang panjang dengan beberapa variasi bentuk sesuai jenisnya.

Asal Usul Ikan Guppy Dan Jenis Terbaiknya
Gambar Ikan Guppy - Bryan Chin
Selain dijadikan sebagai ikan hias yang pada umumnya dipelihara didalam aquarium bertema tumbuhan alami atau biasa disebut dengan nama aquascape, ikan yang termasuk golongan mudah berkembang biak ini juga kerap dijadikan sebagai bahan penelitian di bidang ekologi, evolusi, serta bidang studi perilaku. Selain mudah menyesuaikan diri dengan berbagai jenis lingkungan, ikan guppy juga termasuk ikan yang memakan beragam macam makanan.

Banyaknya penakaran yang membudidayakan ikan yang dapat dikawin silangkan dengan beberapa spesies lainnya ini membuat ikan guppy pada saat ini memiliki banyak macam dan jenisnya yang pada umumnya dibedakan dari corak dan varian warna serta bentuk siripnya. Namun ikan guppy liar berasal dari beberapa wilayah kawasan Benua Amerika dan banyak ditemukan di parit - parit, selokan, sungai kecil hingga sungai besar, meskipun saat ini dapat juga ditemukan di perairan diluar kawasan asalnya karena mekanisme perkembangbiakan dan karakteristiknya yang mudah beradaptasi. Selain secara alami, penyebarannya tersebut sebagian besar dilakukan secara sengaja oleh manusia, baik melalui perdagangan ikan hias maupun program-program yang terkait, seperti dilepas dialam bebas dengan harapan memakan jentik nyamuk diperairan terbuka.

Ikan yang dialam bebasnya memiliki banyak predator seperti ikan besar, burung, dan lainnya ini bereproduksi dengan cera livebearers atau mengandung terlebih dahulu selama 28 hari kemudian melahirkan anaknya secara langsung. Dalam setiap kelahiran, iduk guppy dapat menghasilkan hingga 100 burayak. Dan induk betina dapat mengandung kembali hanya beberapa jam setelah melahirkan.

Klasifikasi Ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoCyprinodontiformes
FamiliPoeciliidae
GenusPoecilia
SpesiesP. reticulata
Nama binomialPoecilia reticulata (Peters, 1859)
SinonimAcanthocephalus guppii
A. reticulatus
Girardinus guppii
G. petersi
G. poeciloides
G. reticulatus
Haridichthys reticulatus
Heterandria guppyi
Lebistes poecilioides
L. reticulatus
Poecilia poeciloides
Poecilioides reticulatus

Jenis / Tipe Ikan Guppy
  • Guppy Albino adalah ikan guppy yang memiliki fenotip albino resesif, dimana tidak terdapat melanin hitam pada seluruh tubuhnya dan matanya berwarna merah.
  • Guppy Bicolor adalah ikan guppy yang berwarna dasar dan warna sekunder yang berbeda dan sedikitnya 25% dari warna ekor, warna ketiga dibawah 15% serta sirip dorsal dan sirip ekor memiliki warna yang sama.
  • Guppy Multicolor adalah ikan guppy yang memiliki lebih dari tiga warna pada seluruh tubuhnya, besaran per warna tidak kurang dari 15% dan warna pada sirip dorsal dan sirip ekor berpola sama.
  • Guppy Black adalah ikan guppy yang berwarna hitam tanpa warna sekunder.
  • Guppy Blue adalah ikan guppy yang sebagian besar tubuhnya berwarna biru, mulai dari biru muda hingga warna biru tua.
  • Guppy Green adalah ikan guppy yang warna tubuhnya didominasi oleh warna hijau.
  • Guppy Bronze atau Gold adalah ikan guppy yang memiliki warna emas pada minimal 25% bagian tubuhnya.
  • Guppy Half Black adalah ikan guppy yang sekitar 50% tubuhnya berwarna hitam.
  • Guppy Purple adalah ikan guppy yang memiliki sirip ekor dan sirip dorsal berwarna ungu pekat.
  • Guppy Red adalah ikan guppy yang memiliki warna tubuh di dominasi oleh warna oranye hingga merah tua.
  • Guppy Roundtail adalah ikan guppy yang masih mempertahankan karakteristik ikan guppy liar.
  • Guppy Snakeskin adalah ikan guppy yang memiliki pola - pola mirip ular pada minimal 60% dari seluruh bagian tubuhnya.
  • Guppy Swordtail adalah jenis ikan guppy yang bagian ujung atas atau bawah sirip ekornya memanjang berbentuk seperti pedang.
  • Guppy Yellow adalah ikan guppy yang tubuhnya di dominasi oleh warna kuning, pada umumnya warna kuning pada guppy yellow tidak stabil dan tergantung beberapa faktor.