Jenis-jenis Cupang Paradise Terbaik

Jenis Cupang Paradise Tidak Kalah Indah Dari Bettas

Cupang Paradise adalah sejenis ikan air tawar kecil yang berasal dari keluarga ikan Gurame (Osphronemidae). Ikan Cupang Paradise dan Cupang pada umumnya yang dikenal sebagai ikan laga memiliki hubungan erat, karena berasal dari subfamili Macropodusinae. Dari sekian banyak spesies Ikan Cupang Paradise, berikut 5 spesies yang paling banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.


1. Macropodus Erythropterus Macropodus Erythropterus - Red-backed Paradise Fish

Macropodus Erythropterus adalah spesies ikan hias kecil yang hidup diperairan dengan vegetasi berlimpah dan akar - akar terendam. Spesies endemik Vietnam ini dapat tumbuh maksimal hingga panjang 8 cm.

Nama Macropodus erythropterus berasal dari bahasa Yunani, Macropodus dari kata μακρός (makrós), yang berarti panjang, sedangkan Erythropterus dari kata ερυθρός (erythrós) yang berarti merah. Spesies ini dikenal umum dengan nama Red-backed Paradise Fish dengan nama ilmiah Macropodus erythropterus (Freyhof & Herder, 2002) genus Macropodus (Lacépède, 1801).

Malpulutta erythropterus lebih menyukai hidup dengan kondisi air bertemperature  20-30°C  dengan pH 6.0-8.0 dan hardness antara 90-357 ppm. Ikan pemakan larva serangga dan sejenisnya ini berkembang biak dengan cara Bubble nest, yaitu dengan membuahi telur - telurnya di sarang busa atau gelembung - gelembung udara yang dibuat oleh induk jantan pada permukaan air.

Deskripsi:
  • Bintik opera terlihat samar atau tidak ada sama sekali,
  • Ujung posterior atau margin sisik terlihat lebih gelap dari sisik,
  • Sirip ekor berwarna merah,
  • Daerah predorsal dan subdorsional tubuh berwarna kemerahan,
  • Sirip dubur bagian atas berwarna biru kehijauan.

2. Macropodus Hongkongensis Macropodus Hongkongensis

Macropodus Hongkongensis adalah salah satu ikan hias akuarium dari keluarga osphronemidae endemik China. Ikan pertamakali ditemukan di perairan hongkong ini hidup di sungai yang airnya mengalir lamban dan area pertanian. Spesies ini dapat tumbuh hingga panjang 9 cm.

Nama Macropodus berasal dari bahasa yunani yang berarti panjang dan Hongkongensis diambil dari lokasi pertamakalinya spesies ini di temukan, yaitu Hongkong, China. Spesies ikan ini memiliki nama ilmiah Macropodus Hongkongensis (Freyhof & Herder, 2002) dari genus Macropodus (Lacépède, 1801).

Di alam liar, Macropodus hongkongensis diperkirakan memakan larva serangga dan sejenisnya. Ikan yang bereproduksi dengan cara membuahi telurnya disarang busa (bubble nest) ini menyukai hidup dalam air bertemperature antara 15 hingga  25 °C dengan pH 6.0-8.0 dan hardness sekitar 90-357 ppm.

Deskripsi:
  • Terdapat bintik hitam pada permukaan sisi kepala,
  • Warna tubuh lebih gelap dari sisik,
  • Ujung sirip dada berwarna putih,
  • Di beberapa bagian tubuh terdapat sedikit warna kemerahan,
  • Memiliki alat pernapasan yang bernama labirin.

3. Roundtail Paradisefish Roundtail Paradisefish
Roundtail Paradisefish adalah spesies ikan hias air tawar kecil yang menyebar di perairan wilayah Asia Timur, seperti Korea, Jepang, China hingga kawasan perairan Vietnam. Namun spesies yang telah teridentifikasi pada tahun 1842 ini lebih banyak ditemukan di Perairan China, antara lain di Pulau Zhoushan, sungai Zhu jiang dan sungai Heilong jiang yang berada diperbatasan China Rusia. Spesies pemakan larva serangga dan sejenisnya ini mendiami parit irigasi, sawah, kolam, rawa, sungai, dan backwaters.

Deskripsi dan Klasifikasi ilmiah:
Nama IlmiahMacropodus ocellatus (Cantor, 1842)
KeluargaOsphronemidae (Van der Hoeven, 1832)
GenusMacropodus (Lacépède, 1801)
Panjang7-8 cm (dari mulut hingga pangkal ekor)
Kondisi AirTemperature 10-22 °C
pH 6.0-7.5
Hardness 90-357 ppm
Tipe BerkembangbiakBubble nester
CiriGaris mata tidak menghubungkan titik pada proyeksi posterior operkulum dengan mata,
Terdapat 6-13 raker pada ceratobranchial lengkungan insang pertama,
Margin sisik terlihat lebih gelap dari sisik,
Memiliki 16-19 spinous dorsal-fin rays.

4. Cupang Paradise Opercularis Cupang Paradise Opercularis
Cupang Paradise Opercularis adalah spesies ikan hias air tawar kecil yang termasuk salah satu jenis cupang paradise paling laris di pasaran ikan hias. Spesies ikan ini berasal dari kawasan China, terutama di sistem Sungai Yangtze, Pulau Hainan dan Taiwan, dapat di temukan juga di kawasan Vietnam bagian utara dan tengah, dan juga di Laos bagian timur laut. Spesies yang telah teridentifikasi sejak tahun 1758 ini memakan larva serangga dan sejenisnya dan termasuk spesies yang memiliki toleransi terhadap berbagai kondisi perairan, dari perairan dataran rendah seperti blackwater, sungai, sawah, waduk hingga perairan pegunungan.

Deskripsi dan Klasifikasi ilmiah:
Nama IlmiahMacropodus opercularis (Linnaeus, 1758)
KeluargaOsphronemidae (Van der Hoeven, 1832)
GenusMacropodus (Lacépède, 1801)
Panjang7-8 cm (dari mulut hingga pangkal ekor)
Kondisi AirTemperature 10-22 °C
pH 6.0-8.0
Hardness 90-357 ppm
Tipe BerkembangbiakBubble nester
CiriMemiliki beberapa jenis seperti albino, red, blue, dan lainnya,
Opercular berwarna kecoklatan dengan margin posterior berwarna kemerahan,
Terdapat corak bintik pada rermukaan dorsal kepala dan predorsal,
Margin posterior sisik tubuh tidak lebih gelap dari sisik.

5. Black Paradisefish Black Paradise
Black Paradise adalah spesies ikan cupang paradise yang berasal dari Indonesia dan Vietnam. Spesies ikan pemakan larva serangga dan sejenisnya ini memiliki warna tubuh yang lebih gelap dari pada sisik - sisiknya, serta memiliki membran posterior dorsal-fin dan membran caudal-fin berwarna blue, caudal-fin rays berwarna hitam atau putih, dan pada sirip dada terdapat warna oranye kemerahan terang. Black Paradise mendiami lokasi perairan seperti irigasi, sawah, rawa, bukit, kolam, sungai, serta backwaters.