Jenis-jenis Ikan Hias Aquascape

Jenis-jenis Ikan Hias Aquascape

Aquascape atau Aquascaping adalah sebuah konsep desain aquarium yang bertemakan tumbuh-tumbuhan di dalamnya. Dalam pemilihan hewan peliharaan atau ikan hias tentunya harus sesuai dengan konsep ini, beberapa pertimbangan seperti:
  • Hewan atau ikan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan tumbuhan-tumbuhan yang menjadi peran utama dalam aquascape ini.
  • Pada umumnya ukuran aquascape tidak terlalu besar, maka dari itu biasanya dipilih ikan-ikan hias yang berukuran kecil.
  • Untuk lebih menyelaraskan dengan konsep yang memiliki pemandangan alami maka pada umumnya dipilih hewan atau ikan yang memiliki varian warna-warni terang.

1. Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan salah satu ikan yang sedang populer dikalangan penggemar ikan hias yang dipelihara didalam aquarium terutama berkonsep aquascape, bentuk sirip-sirip nya yang panjang dengan varian dan corak warna yang beragam maka ikan ini lebih pantas untuk mendapatkan banyak ruang di aquascape anda.

2. Neon Tetra

Dari ratusan jenis spesies ikan tetra, Neon tetra merupakan ikan tetra yang paling besar dari segi pesanan pasarannya. Berkaitan dengan menjamurnya peredaran atau trendnya aquarium berkonsep aquascape, Neon tetra laris di pasaran ikan hias (toko/kios). Selain khas warna garis biru merah terangnya, ukuran ikan yang berasal dari wilayah perairan Amerika ini sangat cocok dengan aquarium berkonsep aquascape.

3. Udang Hias Neocaridina Davidi

Jenis Udang Hias Neocaridina Davidi pada umumnya berukuran 1 hingga 2cm, meskipun mereka dapat tumbuh hingga 4cm dengan lama hidup sekitar 2 tahun. Udang air tawar yang bersal dari Taiwan ini memiliki banyak varian dan corak warnanya, dari merah, biru, kuning, oranye, hijau atau corak belang dan lainnya. salah satu jenis yang terkedal dari Udang yang biasa dipelihara didalam aquascape ini adalah Cherry shrimp.