Spesies - spesies Ikan Penghuni Laut Terdalam

Berikut 10 ikan yang hidup di dasar lautan atau pada kedalaman hingga 4000 meter dibawah permukaan laut:

1. ANGLERFISH ANGLERFISH
Anglerfish adalah suatu ordo ikan bertulang sejati yang bermulut besar dengan yang memiliki gigi-gigi panjang meruncing. Ordo yang bernama Lophiiformes (Garman, 1899) ini memiliki banyak spesiesnya yang pada umumnya merupakan ikan karnivora dan dapat dijumpai di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania.


2. BARRELEYE BARRELEYE
Barreleye adalah suatu keluarga ikan yang yang memiliki nama ilmiah Opisthoproctidae. Ikan yang dapat mengarahkan pandangan matanya ke depan ini menghuni zona mesopelagik ke bathypelagic, sekitar kedalaman laut 400–2.500 m. Keluarga ikan yang memiliki banyak spesiesnya ini termasuk ikan yang unik, karena memiliki kepala transparan.


3. BLOBFISH BLOBFISH
Blobfish adalah salah satu spesies ikan laut dalam dari keluarga Psychrolutidae yang memiliki nama ilmiah Psychrolutes marcidus (McCulloch, 1926). Ikan yang memiliki ukuran tubuh rata-rata 30cm (panjang) ini menghuni perairan dalam di lepas pantai daratan Australia dan Tasmania, serta perairan Selandia Baru pada kedalaman antara 600-1.200 meter.


4. BRISTLEMOUTHS BRISTLEMOUTHS
Bristlemouths adalah salah satu keluarga ikan laut yang menghuni zona mesopelagik. Keluarga ikan yang hanya memiliki 32 spesies (teridetifikasi) ini dikenal juga dengan nama  gonostomatidae, lightfishes atau anglemouths. Bristlemouths memiliki panjang tubuh antara 3 hingga 30cm dan banyak dijumpai di Samudra Hindia, Atlantik dan Pasifik.


5. CHIMIERA CHIMIERA
Chimiera adalah ikan yang memiliki tekstur tubuh lunak yang hidup dikedalaman laut hingga 2.600 meter. Chimiera diyakini merupakan kerabat dari ikan hiu yang telah berevolusi pada sekitar 400juta tahun lalu. Nama sebutan lainnya untuk ordo ikan yang memiliki nama ilmiah Chimaeriformes (Obruchev, 1953) ini adalah (adalah ghost sharks (hiu hantu), rat fish (ikan tikus), spookfish atau rabbit fish (ikan kelinci).