10 Ikan Hias Air Laut Favorit || Part-3

8. Regal Tang / Leter Enam
Regal Tang / Leter Enam

Regal tang atau Later enam merupakan salah satu ikan hias aquarium air asin yang paling banyak diburu atau dicari oleh penggemar ikan hias air laut. Spesies surgeonfish Indo-Pasifik ini dapat ditemukan diwilayah perairan Indonesia, Filipina, Jepang, Australia, Samoa, Kaledonia Baru, Afrika Timur, dan Sri Lanka. Nama lain dari ikan yang pada umumnya berwarna ungu ini adalah palette surgeonfish, blue tang, royal blue tang, hippo tang, flagtail surgeonfish, Pacific regal blue tang dan blue surgeonfish.

Klasifikasi:
Keluarga: Acanthuridae > Genus: Paracanthurus > Species: P. hepatus > Nama binominal: Paracanthurus hepatus (Linnaeus, 1766).


9. Tigerfish / Ikan ayam-ayam
Tigerfish / Ikan ayam-ayam

Tigerfish atau Ikan ayam-ayam adalah ikan - ikan air laut yang memiliki warna cerah dari keluarga Balistidae yang memiliki anggota sekitar 40 spesies. Anggota keluarga yang memiliki ukuran tubuh paling besar adalah triggerfish batu (Pseudobalistes naufragium), panjangnya dapat mencapai 1 meter, namun pada umumnya ukuran tubuh ikan dari keluarga ini sekitar 20 hingga 50cm (8-20 inci).

Klasifikasi:
Kelas: Actinopterygii > Ordo: Tetraodontiformes > Keluarga: Balistidae (A. Risso, 1810).


10. Rainbow Parrot Fish
Rainbow Parrot Fish

Rainbow Parrotfish adalah salah satu spesies ikan penghuni terumbu karang, bakau dan padang rumput laut di perairan dangkal kedalaman 3-25m wilayah Bermuda hingga Florida selatan, Bahama dan Karibia hingga Venezuela. Ikan air asin yang dapat hidup maksimal hingga usia 16 tahun ini merupakan spesies ikan terbesar dibandingkan ikan dari anggota keluarga Scaridae lainnya, panjang tubuhnya dapat mencapai 1,2 meter dengan bobot hingga 20kg.

Klasifikasi:
Keluarga: Scaridae > Genus: Scarus > Species: S. guacamaia > Nama binominal: Scarus guacamaia (Cuvier, 1829).