10 Ikan Hias Air Laut Favorit || Part-2

5. Lined Butterflyfish
Lined Butterflyfish

Lined Butterflyfish merupakan salah satu spesies ikan dari keluarga Chaetodontidae dan menjadi salah satu spesies terbesar di genus Chaetodon. Ikan yang hidup di kawasan Laut Merah hingga Afrika Selatan, timur Jepang dan Hawaii selatan ini berwarna tubuh putih, dengan bar vertikal hitam tipis yang bergabung dengan pita hitam tebal di pangkal ekor dan sirip dorsal. Sementara ekor, dorsal, dan sirip dubur berwarna kuning. Paduan corak dan warna tersebut membuat ikan yang dapat tumbuh hingga sekitar 30cm ini layak menjadi salah satu ikan hias air laut paling mempesona.

Klasifikasi:
Keluarga: Chaetodontidae > Genus: Chaetodon > Species: C. lineolatus > Nama binominal: Chaetodon lineolatus (G. Cuvier, 1831).


6. Lion Fish / Lepu
Lion Fish / Lepu

Lion Fish atau Lepu adalah sekelompok spesies ikan predator beracun yang hidup di laut dan memiliki "duri" yang merupakan bagian dari genus Pterois. Terdapat 12 jenis spesies lionfish antara lain, Andover lionfish, Spot-fin lionfish, Pterois brevipectoralis, Red Sea lionfish, Luna lionfish, Devil firefish, Frill-fin turkeyfish, Pterois paucispinula, Clear-fin lionfish, Soldier lionfish, Hawaiian turkeyfish dan Red lionfish.

Klasifikasi:
Keluarga: Scorpaenidae > Subfamily: Pteroinae > Genus: Pterois (Oken, 1817).


7. Mandarin Fish
Mandarin Fish

Mandarin fish merupakan salah satu ikan hias air laut terpopuler dan terlaris dipasaran. Ikan yang termasuk anggota keluarga dragonet kecil yang memiliki warna cerah dengan corak unik ini asli perairan Pasifik, terutama sekitar Kepulauan Ryukyu selatan menjangkau hingga Australia. Pada siang hari mandarinfish termasuk ikan yang aktif dalam mencari makan, mereka mematuk ikan mangsa kecil yang terperangkap di substrat karang.

Klasifikasi:
Keluarga: Callionymidae > Genus: Synchiropus > Species: S. splendidus > Nama binominal: Synchiropus splendidus (Herre, 1927).