Mengenal UBUR - UBUR

Mengenal UBUR-UBUR Serta Jenis-jenisnya
Ubur-ubur adalah sejenis hewan air umumnya dilautan dari filum Cnidaria. Hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini memiliki 270 spesies dari 3 kelas antara lain, Scyphozoa (true jellyfish), Cubozoa (box jellyfish) dan Staurozoa (stalked jellyfish). Secara umum beberapa spesies dari kelas Hydrozoa seringkali di kenal sebagai ubur-ubur, seperti ubur-ubur air tawar Craspedacusta sowerbii.

KELASORDOKELUARGA
CubozoaCarybdeidae
Alatinidae
Tamoyidae
Chirodropidae
Chiropsalmidae
ScyphozoaCoronataeAtollidae
Atorellidae
Linuchidae
Nausithoidae
Paraphyllinidae
Periphyllidae
RhizostomeaeCassiopeidae
Catostylidae
Cepheidae
Lobonematidae
Lychnorhizidae
Mastigiidae
Rhizostomatidae
Stomolophidae
Thysanostomatidae
Versurigidae
SemaeostomeaeCyaneidae
Drymonematidae
Pelagiidae
Phacellophoridae
Ulmaridae
StaurozoaCleistocarpidaDepastridae
Thaumatoscyphidae
Craterolophidae
EleutherocarpidaLucernariidae
Kishinouyeidae
Lipkeidae
Kyopodiidae

Ubur-ubur bereproduksi secara seksual maupun aseksual. Saat mencapai ukuran dewasa, ubur-ubur bertelur setiap hari setelah mendapatkan cukup makanan. Sebagian besar spesies ubur-ubur pada saat pemijahan dikendalikan oleh cahaya, sehingga proses reproduksi dapat terjadi secara bersamaan, umumnya pada waktu senja atau fajar. Beberapa spesies dapat menghasilkan medusa baru dengan tunas langsung dari tahap medusan, beberapa hydromedusae bereproduksi dengan fisi (terbelah menjadi dua) dan sebagian menghilangkan fase planula, polip dan ephyra dan menghasilkan medusa baru langsung dari telur, sedangkan di beberapa spesies, sperma berenang ke mulut wanita, memupuk telur di dalam tubuhnya.

Ubur-ubur termasuk hewan karnivora, makanan ubur-ubur adalah plankton, krustasea, telur ikan, ikan kecil dan ubur-ubur lainnya. Hewan yang sebagian spesiesnya sering kali menyerang manusia dengan sengatan raucunnya ini hanya memiliki masa hidup sekitar 2 hingga 6 bulan. Sebagian besar ubur-ubur hidup air laut, namun beberapa spesies hidup di air tawar seperti ubur-ubur hydrozoan kosmopolitan, Craspedacusta sowerbii yang memiliki ukuran tubuh berdiameter kurang dari satu inci (2,5 cm), tidak berwarna dan tidak menyengat.


Beberapa Spesies Ubur-ubur
Ubur-ubur air payau
Species: C. sowerbii
Binomial name: Craspedacusta sowerbii (Lankester, 1880)
Family: Olindiidae
Kelas: Hydrozoa

Spesies ini adalah salah satu dari banyak ubur-ubur yang juga dikenal sebagai hydromedusae, karena bukan berasal dari 3 kelas sejati ubur-ubur. Ubur-ubur ini memiliki struktur otot seperti rak yang disebut velum pada permukaan ventral, menempel pada margin bel. Ubur-ubur kecil yang panjang tubuhnya tidak lebih dari 2,5cm ini berasal dari cekungan Yangtze di China dan menjadi invasif perairan air tawar diseluruh Dunia.


Ubur-ubur terbesar
Species: C. capillata
Binomial name: Cyanea capillata (Linnaeus, 1758)
Family: Cyaneidae
Kelas: Scyphozoa

Spesies ubur-ubur ini merupakan ubur-ubur terbesar dan sering disebut ubur-ubur raksasa. Ukuran tubuh Ubur-ubur yang mendiami Kutub Utara, Atlantik utara, dan Samudera Pasifik utara ini dapat mencapai panjang 37 meter hingga ujung tentakel dengan diameter tubuh maksimal sekitar 2,3 meter. Spesies ini dikenal dengan nama Ubur-ubur Surai Singa atau Lion's mane jellyfish.


Ubur-ubur teraneh
Species: C. marsupialis
Binomial name: Carybdea marsupialis (Linnaeus, 1758)
Family: Carybdeidae
Kelas: Cubozoa

Carybdea marsupialis adalah ubur-ubur kecil transparan dengan bel berbentuk kotak dan panjangnya hanya sekitar 3 cm (1 inchi). Ubur-ubur predator bagi invertebrata dan ikan kecil yang menangkapnya dengan menggunakan nematosista (sel penyengat) pada tentakelnya ini sering kali dijumpai di perairan tropis dan subtropis timur Indo-Pasifik, menjangkau Asia Tenggara, Filipina, Australia, wilayah Polinesia hingga Jepang. Carybdea marsupialis juga terdapat di utara Samudra Pasifik, lepas pantai California dan utara Samudra Atlantik.


Ubur-ubur terkecil
Species: H. antarcticus
Binomial name: Haliclystus antarcticus (Pfeffer, 1889)
Family: Lucernariidae
Kelas: Staurozoa

Haliclystus antarcticus merupakan ubur-ubur yang hidup di garis pantai berbatu di belahan bumi bagian selatan. Spesies yang memiliki warna merah-oranye ini memiliki 'tangkai' (peduncle) yang merupakan setengah sampai dua pertiga panjang kelopaknya berukuran sekitar 3,5-16,2 mm dan lebar 4,1-23,4 mm berbentuk kerucut semi transparan dengan permukaan luar yang halus. Panjang lengannya 0,3-6,0 mm, masing-masing lengan diberi tanda dengan kelompok hingga kira-kira 200 tentakel yang berongga dan berujung dengan ujung bulat yang tertutup nematocysts, lengan dihubungkan oleh selaput tipis.