Macam Jenis Ikan Laut Konsumsi

Ikan konsumsi adalah Ikan yang menjadi makanan atau dimakan oleh Manusia. Sekitar lebih dari 30.000 spesies yang menyebar diperairan diseluruh Dunia. Namun hanya sebagian kecil saja yang dikategorikan sebagai Ikan "layak" Konsumsi. Pada umumnya ikan konsumsi dijual di pasar, super market dan lainnya, menurut penelitian lebih dari 80% Manusia mengkonsumsi ikan. Selain ikan konsumsi air tawar, berikut 10 jenis ikan konsumsi air laut:


1. Ikan Belanak
Ikan Belanak, Moolgarda seheli, Valamugil seheli (Forsskal, 1775)
Ikan Belanak - img : gomancing
Ikan Belanak adalah ikan konsumsi air laut yang tersebar di perairan tropis dan subtropis, namun terkadang dapat dijumpai pada air payau dan kadang-kadang di air tawar. Ikan ini dapat ditemukan di Fiji, Samoa, New Caledonia, Australia, Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Srilangka. Panjang Ikan Belanak bisa mencapai sekitar 60 cm dengang berat kurang lebih sekitar 8 kg.

Nama Internasional : Blue-spot mullet atau Blue-tail mullet
Nama Ilmiah : Moolgarda seheli, Valamugil seheli (Forsskal, 1775)


2. Ikan Kembung
Ikan Kembung - img : nn.wikipedia
Ikan Kembung adalah ikan pelagis kecil yang termasuk kedalam jenis ikan makarel dengan ikan tenggiri, ikan tongkol dan ikan tuna. Selain dijual dalam keadaan segar, ikan air laut konsumsi ini juga banyak dijual sebagai ikan pindang dan ikan asin. Panjang Ikan Kembung antara 15 cm sampai dengan 45 cm tergantung spesiesnya, karena Ikan Kembung memiliki 3 spesies yang hidup di kawasan perairan Indo-Pasifik barat.

Nama lainnya : Ikan Lema atau tatare, Ikan Banyar atau banyara, dll
Nama Ilmiah : Rastrelliger faughni (Matsui, 1967), Rastrelliger brachysoma (Bleeker, 1851) dan Rastrelliger kanagurta (Cuvier, 1817)


3. Ikan Layaran
Ikan Layaran channel488
Ikan Layaran - img : norbertwu
Ikan Layaran adalah salah satu spesies ikan yang memuliki bentuk tubuh unik. ikan konsumsi dari air laut ini dikenal sebagai ikan yang memiliki kecepat dalam berenang, yaitu sekitar 110 kilometer per jam. Ikan yang berasal dari Samudera Atlantik ini dapat tumbuh hingga 3 meter berat maksimal yang teridentifikasi adalah 58.1 kg.

Nama Internasional : Indo-Pacific Sailfish
Nama Ilmiah : Istiophorus albicans (Latreille, 1804), Istiophorus platypterus (Shaw, 1792)


4. Ikan Makarel Pasifik
Ikan Makarel channel488
Ikan Makarel - img : NGI
Ikan Makarel Pasifik adalah ikan konsumsi air laut yang berasal dari kawasan Indo-Pasifik. Ikan ini termasuk kedalam golongan Ikan Makarel. Ikan makarel adalah sebutan bagi ikan-ikan yang berada dalam keluarga Scombridae, selain Ikan Makarel Pasifik, ikan kembung dan ikan tenggiri juga termasuk kedalam jenis ikan makarel (keluarga Scombridae). Ikan Makarel Pasifik banyak dijual dipasaran dengan nama sebutan salem dikenal sebagai ikan sarden. Ikan Makarel Pasifik dapat tumbuh hingga maksimal sekitar 65 cm dengan berat maksimal sekitar 3 kg.

Nama Internasional : Chub mackerel, Pacific mackerel atau Pacific chub mackerel
Nama Ilmiah : Scomber japonicus (Houttuyn, 1782)


5. Ikan Pari
Ikan Pari channel488
Ikan Pari - img : seputarikan
Ikan Pari adalah ikan air laut bertubuh unik yang memiliki kandungan protein sebesar 16,86%. Ikan yang populasinya semakin menurun ini memiliki lebih dari 600 spesies didalam 26 keluarga. Ikan Pari terkenal memiliki serangan yang mematikan dengan menggunakan ekornya yang dapat merobek mangsa dan menebarkan racun disekitarnya. Ikan yang hidup di hampir semua perairan di Dunia ini memiliki ukuran tubuh bervareatif tergantung spesiesnya.

Nama Internasional : Stingray
Nama Ilmiah : Myliobatoidei