Macam Jenis GURITA

Macam Jenis Gurita

Gurita adalah salah satu hewan air bertubuh lunak dan memiliki kaki terletak pada kepalanya dari ordo octopus. Di antara semua hewan invertebrata, Gurita merupakan hewan paling cerdas. Hewan yang memiliki ratusan jenis spesies dalam 12 keluarga ini memiliki sistem saraf yang tergolong kompleks, sebagian terlokalisir di bagian otak dan 2/3 sel sarafnya berada pada tali saraf di kedelapan lengannya. Lengan tersebut dapat melakukan berbagai gerakan refleks yang rumit. Beberapa jenis gurita dapat menggerakkan lengan-lengannya untuk meniru gerakan hewan laut yang lain. Karna kecerdasannya tersebut, hewan yang tampilan fisiknya unik dan aneh ini meiliki ingatan jangka pendek mau pun jangka panjang.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumMoluska
KelasCephalopoda
SubkelasColeoidea
SuperordoOctopodiformes
OrdoOctopoda (Leach, 1818)
Keluarga-. Opisthoteuthidae
-. Cirroteuthidae
-. Stauroteuthidae
-. Cirroctopodidae
-. Amphitretidae
-. Bolitaenidae
-. Octopodidae
-. Vitreledonellidae
-. Alloposidae
-. Argonautidae
-. Ocythoidae
-. Tremoctopodidae

Meski tidak umum seringkali gurita dijadikan hewan peliharaan yang disimpan didalam aquarium, namun sebagian besar aktifitas penangkapan gurita di peruntukan sebagai bahan makanan. Di banyak negara gurita dijadikan sebagai hewan konsumsi, terutama penduduk di negara Mediterania, Meksiko dan Jepang, gurita menjadi makanan laut yang digemari. Dari tubuh hingga lengan - lengan gurita dapat di olah menjadi bahan dasar atau pelengkap dari banyaknya varian menu makanan. Sushi, tempura, takoyaki dan akashiyaki merupakan sebagian contoh makanan yang dibuat dari olahan gurita.


Deskripsi
Gurita memiliki 8 lengan hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang dan dilengkapi alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung yang digunakan untuk bergerak merayap di dasaran laut, serta digunakan untuk menangkap mangsa.

Pada kulit gurita terdapat kromatofora yang berupa lapisan kantung-kantung pewarna lentur yang memungkinkan mereka melakukan kamuflase atau merubah warna tubuhnya. Selain untuk penyamaran, kemampuan mengganti warna tubuhnya digunakan juga untuk berkomunikasi atau memperingati dengan gurita lainnya.

Dalam mempertahankan diri gurita juga seringkali memutuskan sendiri lengan-lengannya atau meniru bentuk hewan laut lainnya yang berbahaya seperti belut dan lepu karena gurita memiliki tubuh yang sangat fleksibel yang juga memungkinkan seekor gurita menyelipkan diri pada celah batuan sempit di dasar laut.

Selain terkenal dengan kecerdasannya gurita juga diketahui sebagai binatang yang sangat kuat, gurita yang peliharaan seringkali kabur atau keluar dari aquarium satu dan masuk ke aquarium lainnya yang terdapat ikan-ikan yang akan dijadikan sebagai santapannya. Gurita juga menjadi seekor pemangsa bagi beberapa spesies ikan hiu.

Hewan yang bergerak dengan cara merangkak juga berenang ini memiliki penglihatan yang sangat baik dalam hal membedakan polarisasi cahaya. 2 organ yang disebut statocyst terhubung dengan otaknya dan digunakan sebagai alat pendeteksi posisi horizontal.

Gurita bereproduksi diawali dengan sang jantan meletakkan kantong spermatofora ke dalam rongga mantel gurita betina dengan menggunakan lengan khusus yang disebut hectocotylus. Pada beberapa spesies, gurita betina mempertahankan sperma agar tetap hidup sampai telur menjadi matang. Jumlah telur yang dihasilkan induk betina bervarian tergantung jenis spesiesnya, namun umumnya induk gurita dapat menghasilkan 200.000 butir telur dalam satu musim kawin.


Gurita Penyamar
Gurita Indonesia
Gurita asli Indonesia @Ryan Photographic
Gurita penyamar adalah salah satu spesies gurita endemik Indonesia. Sesuai namanya, gurita yang ditemukan pertama kali pada tahun 1998 di sulawesi ini amat sangat pandai dalam hal kamuflase. Selain meniru atau menyerupai hewan laut seperti ikan lepu, ikan pari, ular laut, ubur-ubur, kepiting, bintang laut, kerang laut dan udang sentadu, spesies ini juga mampu meniru bentuk dan perilaku dari benda mati seperti batu atau terumbu karang.

Hewan yang banyak hidup di perairan dangkal seperti muara ini dapat tumbuh hingga panjang sekitar 60cm dengan corak tubuh berwarna cokelat bergaris putih atau berbintik putih dan memiliki lengan-lengan dengan panjang sekitar 30cm. Makanan gurita penyamar adalah ikan kecil dan kerang-kerangan.

Klasifikasi:
>Keluarga: Octopodidae >Genus: Thaumoctopus >Spesies: T. mimicus >Nama binomial: Thaumoctopus mimicus (Mark Norman & F. G. Hochberg, 2005).
Nama sebutan lainnya: Mimic octopus


Gurita Cincin Biru
Gurita Cincin Hias
Gurita Cincin hias @Animal Spot
Gurita cincin biru adalah spesies gurita yang memiliki racun berbahaya, yaitu Tetrodotoksin. Gurita yang memiliki corak mirip cincin berwarna biru di sekujur tubuhnya ini dapat di jumpai di pantai dan terumbu karang sekitar pasifik dan samudra hindia, dari Jepang hingga Australia.

Meski memiliki racun namun gurita ini tergolong jinak dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dipelihara didalam aquarium. Spesies yang sering kali bersembunyi di celah-celah pada kedalaman air 30 meter ini merupakan predator bagi udang dan kepiting.

Gurita cincin biru memiliki 4 jenis spesies, antara lain:
  • Hapalochlaena lunulata (Gurita cincin biru besar)
  • Hapalochlaena maculosa (Gurita cincin biru selatan)
  • Hapalochlaena fasciata (Gurita bergaris biru)
  • Hapalochlaena nierstrasz
Klasifikasi:
>Keluarga: Octopodidae >Hapalochlaena (Robson, 1929).
Nama sebutan lainnya: Mimic octopus


Gurita pasifik utara
Gurita besar Giant Pasifik
Gurita besar / Giant @inaturalist
Gurita pasifik utara adalah salah satu mahluk lautan terbesar di Samudra Pasifik utara dan barat laut. Dengan berat hingga 50kg dan panjang sekitar 4-5 meter mereka dapat hidup hingga usia sekitar 3 sampai 5 tahun. Mendiami kepulauan Aleutian, Jepang hingga California Selatan, Alaska, USA, mereka merupakan hewan karnivora atau pemakan daging.

Klasifikasi:
>Keluarga: Enteroctopodidae >Genus: Enteroctopus >Spesies: E. dofleini >Nama binomial: Enteroctopus dofleini (W├╝lker, 1910).
Nama sebutan lainnya: Giant Pacific octopus