Ikan False rummynose Tetra

False rummynose Tetra, Petitella georgiae

False rummynose tetra, Petitella georgiae adalah spesies characin asli dari Amazon Basin di Brazil dan Peru. False rummynose tetra pertama kali ditemukan di Peru pada akhir tahun 1950 oleh H. Boutiere. Ikan ini memiliki garis emas tipis dari pertengahan tubuh terhubung dengan garis hitam yang terdapat pada pangkal ekornya. Ikan yang panjangnya bisa mencapai 4 cm ini merupakan satu-satunya anggota dari genus Petitella, namun ada dua spesies ikan tetra dari genus lainnya yang menyerupai ikan ini, yaitu Brilliant rummy nose tetra dan Rummy-nose tetra.

Lingkungan hidup False rummynose tetra:
-. Suhu: 22-26°C
-. pH: 5.5-7.0

Klasifikasi ilmiah False rummynose tetra
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderCharaciformes
FamilyCharacidae
GenusPetitella
SpeciesP. Georgiae
Binomial namePetitella Georgiae (Géry & Boutière, 1964)
False rummynose Tetra, Petitella Georgiae vs Brilliant rummy nose Tetra, Firehead Tetra, Hemigrammus Bleheri vs Rummy-nose Tetra, Hemigrammus Rhodostomus


Ikan Tetra atau Tetragonopterus adalah sejenis ikan air tawar kecil yang berasal dari perairan air tawar kawasan benua Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Ikan yang sebagian besar spesiesnya sering kali dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara didalam aquarium ini memiliki karakteristik sirip ekor bercabang (homocercal), memiliki sirip anal dan sirip adiposa yang terletak diantara sirip punggung dan sirip ekor. Sebagian dari spesies mereka memiliki sisik - sisik yang akan terlihat menyala saat terkena cahaya, salah satunya adalah Neon Tetra yang merupakan spesies yang paling populer diantara ratusan macam jenis ikan tetra.